BFT trans under management BMT Al-Hikma

Pindah juga setelah 21 bulan berada di tempat yang cukup memprihatinkan. BMT yang berada di bawah komando ku pun memperoleh kesempatan ini setelah sekian lama strugling harus moving kemana.

Masuknya BFT under management BMT lumayan mengurangi beban keuangan di BMT. Likuiditas keuangan mulai semakin cair sejak tabungan anak-anak SD. Tinggal satu beban yang masih terasa mengganjal. Memperoleh orang/pegawai yang memiliki kesamaan karakter dan semangat seperti kami berdua. Aku dan istriku.

Tidak mudah menempa istriku yang moodnya datang seperti gelombang pasang air laut. Aku harus tetap menjaga moodnya stabil agar semua pekerjaan tidak berantakan. Pekerjaan seorang manager terlebih di tempat yang langsung face to face dengan nasabah rupanya tak hanya harus bermodal skill semata. Manager lebih dari itu. Seorang manager harus memiliki keahlian memanage. Mengatur. Inilah yang hingga hari ini aku rasakan belum bisa aku kuasai.

Aku lebih gampang bekerja sendiri, mengotomatisasi semua pekerjaanku dengan bantuan teknologi yang sebenarnya serba dalam keterbatasan. Sumber dana adalah salah satu penyebabnya. Kedatangan BFT seperti angin segar untuk keahlianku di bidang ini. Apapun alasannya aku harus bertahan. Sempat tanggal 11 kemarin jatuh sakit, hingga terpaksa di infus di rumah. Pekerjaan ini harus selesai dalam waktu yang sempit.

Alhamdulillah aku bisa melaluinya, aku sudah mulai membaca arah fikiran BFT, apa yang dia butuhkan dan apa yang mereka inginkan, serta bagaimana model yang sesuai untuk menarik investor datang ke mereka.

Aku mencintai sangat menikmati pekerjaan ini, melihat perut bini yang udah mulai nambah gede, tidak ada waktu lagi untuk berhenti. Rezeki itu ada di tangan Tuhan, dan aku harus berusaha meraihnya.

BFT trans adalah secara kasarnya Usaha yang bergerak dalam bidang jual beli nota proyek. Meski sebenarnya mereka memiliki armada sendiri, namun untuk lebih membuat orang-orang disini mengerti, kami memilih bahasa membeli nota proyek dan menjualnya kembali. Selisih dari itu adalah keuntungan bagi BFT.

Varia Usaha Beton adalah sebuah anak perusahaan besar (Group PT Semen Gersik) yang cukup bergengsi. Disitulah para sopir BFT trans mengantar pasir-pasir mereka. Kantor kami menyediakan nota kosong, mengatur penggajian para sopir, mengatur uang para investor kecil, membuat laporan kepada mereka baik mingguan maupun bulanan serta mengatur tagihan kepada PT. VUB ini setiap minggunya.

Dari kontrak sekian ribu DT, BFT trans harus profesional dalam mengatur semuanya. Perhitungan manual yang selama ini diterapkan si empunya rupanya cukup menyita waktu dan bikin pusing kepala sang pemilik. Maka dipilihlah BMT di gubug reot sebagai basis tempat nangkring para sopir. Awalnya hanya pembayaran biasa, namun dengan program yang aku buat, akhirnya komplit, semua aku kerjakan. Pekerjaan sekian orang bisa langsung di otomatisasi.

Bukan hanya VUB, namun sang pemilik juga lihai dalam meloby perusahaan lainnya. Alfamart, RSUP, Lombok Epicentrum Mall, dan lain lain.. Sehingga sopir-sopir ini dan para pemilik mobil DAM pun berdecak kagum akan kemampuan alumni Newmontini. Memang tidak besar yang mereka dapatkan dari proyek ini, rekor yang pernah tertoreh di pembukuan BFT per satu sopir adalah 6juta rupiah dalam satu bulan. 8 kali lipat dari gajiku saat ini. Di proyek lain mungkin para sopir bisa mendapatkan dua kali lipatnya, yang hanya sifatnya musiman. Selama di BFT, mereka boleh berbesar hati memiliki gaji hingga akhir hayat mereka.

Singkat cerita BFT hanya tinggal memikirkan bagaimana untuk mendapatkan dana segar, untuk memback-up material yang akan di suply ke VUB. Belum lagi ia harus bersaing dengan supplier lama yang banyak berkeliaran di Lombok. Menurutku, dengan management yang teratur merupakan point plus buat BFT. Membangun sistem, membangun brand adalah lebih penting daripada keuntungan berlipat yang sifatnya sementara.

Bagi anda yang tertarik dengan proposal mereka, maka akan saya kirimkan ke email anda masing masih. Silakan comment di bawah.

Git, github, bitbucket dan sebangsanya

Yah, saya baru menemukannya. Tapi powernya sudah bisa saya rasakan melalui dropbox. Bagi anda yang sudah menggunakan dropbox, pasti bisa mengerti gimana cara kerja dari github. Dropbox tidak sendiri, google drive misalnya sama seperti dropbox, saya menggunakan google drive karena dipaksa oleh layanan google plus di smartfren Andromax C. Dlink cloud service pun demikian, saya menggunakannya karena dipaksa oleh CCTV DLINK+NVR-nya buat backup data cctv online. Nah kalo github? Saya dipaksa oleh diri sendiri karena pusing ama program yang saya bikin dan butuh bantuan orang lain.

Layanan cloud masing masing punya kekurangan kelebihan sendiri, dan bersaing untuk mendapatkan hati pemirsa. Alhasil permirsa pun jadi bingung. :sad: why? stop disitu karena beberapa menit yang lalu saya sudah mulai meninggalkan github hanya karena menjelaskan why.


Kali ini saya akan menjelaskan GIT secara awam, meskipun penjelasan ini jauh dari pengertian sebenarnya akan tetapi saya rasa akan cukup membantu jika anda ingin sekedar tahu kegunaaannya.

Mari kita melihat dan menganalogikan GIT seperti sebuah sistem operasi, yang diinstal di komputer. Nah komputernya namanya GITHUB, BITBUCKET dan lainnya, silakan dilihat beberapa tempat yang menginstall git di server mereka disini : git hosting . Dua layanan yang saya sebutkan sedang saya nikmati saat ini.

Github dan bitbucket menginstall git agar anda dapat melakukan interaksi dengan server mereka. Andapun menginstall git di komputer anda agar bisa berinteraksi dengan komputer Github dan Bitbucket.


Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kita melakukan interaksi? Sama pertanyaannya dengan bagaimana caranya saya melakukan copy paste dari dan ke Dropbox?

Berinteraksi dengan GIT
Menggunakan Dropbox anda gampang sekali melakukan hal ini. Anda pasti sering melakukan copy paste dari dan ke dropbox.


Ada beberapa perintah git untuk melakukan hal yang sama :
- git add, git commit dan git push. untuk copy paste dari komputer ke github.
- Clone atau git pull untuk melakukan sebaliknya copy paste dari github ke komputer kita.




Anda mungkin malas menggunakan console seperti saya. Jangan khawatir sudah ada GUI nya kok, jadi proses sinkronisasi file menjadi lebih mudah. Silakan download masing masing GUI interface untuk setiap layanan hosting git. Namun anda tetap diharuskan untuk memahami arti dari setiap perintah tersebut meskipun menggunakan GUI. Setidaknya saya sudah memperkenalkan perintah dasar dan yang paling sering akan anda lakukan menggunakan layanan ini.

Lalu jika sama dengan dropbox? Kenapa saya harus menggunakan GIT?
Jawabannya adalah Kecepatan dan ketepatan.
Dengan dropbox, anda diharuskan menggunakan klik klak lalu memeriksa file dimana perubahan itu terjadi secara manual. Sedangkan menggunakan git, kita bisa mengetahui secara tepat perubahan itu dimana serta siapa yang merubahnya. Sehingga lebih tepat layanan ini dipergunakan oleh sesama programmer. Namun hasilnya dapat dinikmati semua orang.

Saya harap ini bisa memberikan pandangan kepada anda yang baru berkenalan dengan git. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan, dan anda akan sangat enjoy menggunakan layanan ini sama seperti saya. Dan satu lagi, kenapa saya menggunakan dua layanan yaitu github dan bitbucket? yah seperti biasa layanan tersebut bisa bertahan tentu tidak gratis, untuk mendapatkan fitur premium mereka seperti privacy dari project kita maka kita diharuskan merogoh kocek sendiri.

Namun sekali lagi, layanan gratisan yang mereka suguhkan ke kita itu sudah sangat lebih dari cukup bagi anda yang suka dengan open source. Android, Linux, drupal, CI, adalah bukti bahwa open source bisa bertahan dan dikomersilkan dikemudian hari dan anda tidak perlu takut isi otak anda ditumpahkan disitu.

The reference to entity "cid" must end with the ';' delimiter

Lagi ngutak atik blogger eh, dapet pesan eror seperti ini

The reference to entity "cid" must end with the ';' delimiter

Yah. Ngeselin bukan?
Dapet kek gitu mulu kalo lagi coding pake cms punya orang. Saya menemukannya di blogger.
Kalo kita seorang expert dalam bahasa pemrograman semacam html mungkin gak masalah. Masalahnya adalah ketika kita gaptek, taunya copas tapi kemampuan kita bisa seperti orang yang expert trus dihadapin masalah yang kek gini bikin dongkol.

Ups, jangan bersedih.

Tinggal ganti ajah url yang ada huruf "&" nya dengan kode html untuk mencetak huruf "&" yaitu dengan menggunakan URL Encoding. Dalam hal ini ketika kita menulis rangkaian URL semisal saya neh

http://clicks.pipaffiliates.com/afs/come.php?id=58&cid=13498&ctgid=17&atype=1

Coding blogger tidak akan mengerti apa yang kita tuliskan, kita harus memaksa blogger untuk menuliskan karakter & di url kita dengan cara meng-encodingnya.

Caranya adalah pergi ke http://www.w3schools.com/tags/ref_urlencode.asp dimana kita bisa menemukan banyak cara untuk mencetak karakter tertentu yang akan diterjemahkan oleh html. Yuk mari langsung saja untuk permasalahan di atas, kita perbaiki.

Untuk mencetak karaktar & maka harus di encode menggunakan %26. Baiklah Begini implementasinya.
Yuk Bandingkan.(perhatikan yang diganti adalah yang berwarna merah).

Url sebelum di encoding
http://clicks.pipaffiliates.com/afs/come.php?id=58&cid=13498&ctgid=17&atype=1

Url setelah di encoding
http://clicks.pipaffiliates.com/afs/come.php?id=58%26cid=13498%26ctgid=17%26atype=1

Gampang kan? Saya sering menemukan hal-hal yang simple seperti ini yang terkadang cuman merubah dikit aja tapi bikin pusing tujuh keliling. Saya harap bisa bermanfaat bagi adik-adik, teman-teman, dan handai tolan semua.


Memanfaatkan Koreksi dengan Pullback Strategy

 
Pullback atau Koreksi - adalah lebih dimaksudkan kepada sebuah trend balik dari sebuah pergerakan harga mata uang yang muncul setelah adanya lonjakan harga yang cukup signifikan.

Kekuatan dan kedalaman dari sebuah pullback / koreksi dapat diukur menggunakan indikator fibonacci dengan angka 61,8%, 50%, 38,2%.

Jodohku telah datang

 
26 Oktober 2013. AKu menikahi cewek umur 18 tahun yang baru lulus SMK. Kecil, lincah, supel, tapi suaranya nyaring, jadi kalo ngomel-ngomel waduh setua ini juga aku tetep ngeri dengernya.

Membuat Permanen Fungsi cetak tanggal di Excell

Untuk mencetak tanggal dan waktu hari ini biasanya kita menggunakan fungsi =now() atau =today() di excel. Permasalahannya adalah bilamana esok hari kita membuka halaman yang sama maka tanggal dan waktu yang dihasilkan akan menyesuaikan dengan penanggalan sistem komputer kita yang berjalan saat itu, hal ini tentu tidak kita inginkan.

Baitul Maal Wat Tamwiil Bank Syariah

Progress BMT Al-Hikma di Terara dua bulan ini cukup baik, nasabah membludak dan permintaan pembiayaan pun sangat memuaskan saya. Tinggal konsentrasi di bidang mudharabah nya saja.

Ada beberapa point jenis usaha yang mungkin dibilang bisa menjadi andalan kami nantinya. Qtela, Cukur rambut, bengkel motor, dan mungkin saja toko buku.

Satu hal yang membuat kami sedikit tersendat adalah sulitnya mendapatkan dana bantuan terutama dari koperasi induk kami.

Pembentukan BMT ini pun benar-benar sangat mendadak. Sepulangnya saya dari Tangerang, dua hari sebelum BMT dibuka tuk pertama kalinya saya dapat kontak dari pak Saiful Bahri selaku pengurus koperasi AL-Hikmah untuk memanage BMT di Terara.

Saya yang blm ada kegiatan apapun meski sedang mempersiapkan beberapa bisnis model baru setelah merid yang Insya Allah sebelum bulan haji nanti langsung meng-Iya kan. Meski berbekal hanya keterampilan programming komputer dan akutansi yang seadanya saya bertekad untuk berkarir di sini.

Bermodal kantor kecil mirip bekas perang dunia ke dua plus dana kas Rp. 500.000,- kami dengan mengucapkan Basmalah memulai bisnis ini. Sebulan setelahnya saya mendapatkan tugas mengikuti pelatihan jkuk di salah satu hotel di senggigi. Pelatihan ini bertujuan mendekatkan BMT denga bank mandiri syariah. Namun sepintas pelatihan ini hanya wacana, banyak keanehan di dalamnya, dan bank mandiri syariah sendiri masih fokus untuk melirik Makasar di tahun ini.

Permintaan pembiayaan yang membludak dengan jumlah tabungan yang masuk harus memaksa kami terus menerus memutar dana, meski recehan terkecil pun kami terima dari nasabah yang kebanyakan belum punya KTP dan bahkan ada yang belum bisa baca tulis.

Tujuan didirikannya BMT ini pun tak tanggung-tanggung yaitu memberantas praktek rentenir dari bank-bank perkreditan tertentu, bahkan dari koperasi yang mempraktekkan sistem rentenir. Sungguh sebuah angin segar bagi pengusaha kecil itu tatkala di BMT AL-Hikma praktek syariah ini benar-benar diterapkan.

Kami membutuhkan software maka dari itu saya harus membuat sebuah sistem informasi BMT yang harus mengcover kebutuhan minimal BMT Al-Hikma. Bukan tugas yang mudah karena pengetahuan tentang akutansi sangat dibutuhkan. Saya pun memutuskan untuk bergabung di Universitas Terbuka mempelajari lebih mendalam seluk beluk akutansi.

Untuk sementara pencatatan masih menggunakan semi manual Excel yang tadinya saya ingin menggunakan open office namun mengingat ada beberapa hal teknis yang membuat saya terpaksa banting setir menggunakan excell.

Insya Allah, niat saya, niat ipul juga bisa nanti di ijabah, bisnis yang kemarin gagal dan sekarang kami rintis dengan tujuan dan semangat yang sama meski format berbeda bisa mendatangkan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan disamping itu bisa juga menjadi ajang kami berkreasi meski belum didukung funding yang kuat.

Namun tetap, investor dari kalangan siapapun terbuka bagi anda yang ingin menempatkan dana di BMT kami yang blm seumur jagung.

https://www.facebook.com/BMTAlHikma

Bolehkah kita merayakan ulang tahun


Dalam islam kita tahu bahwa semua yang termasuk ibadah kepada Allah telah diajarkan oleh Allah dan Rasul Nya dan kita tidak boleh melakukan penanbahan atau maupun menguranginya. Dalam perkara duniawi kita bebas melakukan apa saja selama tidak ada larangan untuk tidak melakukannya.

Mari kita perhatikan apa sebenarnya arti dari perayaan ulang tahun....

Contoh Penerapan jQuery Pada CodeIgniter

Pernah ikutan belajar di try.jquery.com ? Wah wah, lumayan rumitttt tapi mengasyikkan, yang tadinya males ber-Jquery an.. eh kepincut deh gara-gara nyobain tantangan di situs itu.

Bagi yang belum pernah merasakan pemrograman tentunya bakalan pening 7 keliling, so.. buat kamu yang blm ngerti html, php, script.. waduh jangan deh.. yang ada ntar pada pusing itu kode-kode diapain yah.

Aku lagi pindah ke lain hati...

Harusnya ini yang menjadi judul saya saat ini, pasalnya drupal sepertinya terlalu berat untuk sekedar aplikasi web ringan, ibarat pengen bunuh nyamuk pake bom atom. Mubazir.. Maka CI (CodeIgniter) pilihan aku saat ini.

Why? itu karena emang prinsip CI bener2 mengakomodir apa yang saya inginkan.. Belajar sebentar saja, kita sudah bisa memahami dan bahkan membuat sebuah aplikasi berbasis web sederhana hingga waw.

Buat yang belum tau, mungkin ada baiknya saya juga membahas sedikit tentang pemrograman. Sekalipun banyak tutorial di internet, tapi terkadang saya lebih suka menjelaskan dengan gaya sendiri.. 

Back to topik
Susah banget nyari tutorial cara menempatkan jquery.js file di CI, mungkin karena kecapean atau gimana atau mungkin juga karena english yang kurang bagus, jadi tutorial yang ada sepertinya lewat-lewat gitu aja gak ada yang masuk kepala.

Okeh, langsung saja buat kalian yang gak sabaran simak aja videonya, tapi kali ini gak pake suara ya, soalnya kemarin tuh lagi sariawan.. huhuhu..




Majelis Tafsir Al Quran (MTA) via youtube


Akhirnya MTA posting video juga di youtube. Jadi mengikuti jejak pemprov DKI yang juga sering posting kegiatannya di youtube. Tadinya sih saya juga pengen iseng-iseng upload kajian-kajian MTA dalam bentuk audio tanpa visual di situ, tapi takutnya ntar dimarahi om mimin mta wkwkwk, tau lah kalo pak Sukino doyan banget nyindir blogger baik yang memuji MTA apalagi yang mengusik MTA. Yah makanya saya sering gak posting tentang MTA soalnya kan yang penting pelaksanaannya bukan sok nyebarin doank.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More